A. LATAR BELAKANG
Buku adalah sebuah media pembelajaran yang sangat fundamental dan
paling bertahan lama. Peranan buku dalam pembelajaran, tidak hanya sebagai
transfer of knowledge tetapi juga sumber isnpirasi dan tidak jarang buku
mampumenjalankan peran sebagai motivator. Namun sayang menulis buku bagi
masyarakat akademis maupun masyarakat umum di Indonesia masih terbilang rendah
dibandingkan dengan beberapa negara kawasan Asia lainnya, seperti Jepang,
Korea, dan India. Kontribusi penulis dari masyarakat akademis masih kecil,
lebih-lebih jika dibandingkan dengan penulis dari kalangan masyrakat umum.
Sesungguhnya, masyarakat akademis adalah masyarakat yang tidak asing dengan
membaca dan menulis, sumber ide, gudang ilmu, dan etalase besar pengalaman dan
karya inovasi.
Undang-Undang Sisdiknas mengamanatkan kepada dosen yang ingin
menjadi profesor diwajibkan menulis buku, setidaknya buku program studi
yang menjadi tanggung jawabnya. Lebih
baik lagi jika dosen ersebut menulis buku yang bersifat pengemabangan dari
buku-buku program studi atau menulis yang berisi penemuan bari di bidang ilmu
pengetahuan yang selama ini belum ditemukan. Penulisan buku atau penemuan
ilmiah itu menjadi indikator seorang dosen sebagai ilmuan. Bagi dosen yang
mempunyai kualifikasi akademik doktor semestinya mulai menulis buku untuk
menempuh gelar profesor.
B. NAMA PELATIHAN
“Pelatihan Menulis Buku Ajar dan Referensi”
C. TUJUAN PELATIHAN
a. Menjelaskan kepada guru dan dosen manfaat
dan pentingnya menghasilkan karya tulis berupa buku ajar
b. Menginformasikan kepada guru dan dosen
kendala-kendala dalam menerbitkan buku dan menjelaskan cara cerdas mengatasi
kendala tersebut
c. Menjelaskan strategi dan teknik menulis
buku yang layak
d. Menyajikan pertimbangan-pertimbangan agar
naskah menjadil layak terbit
e. Menjadikan peserta pelatihan dapat
menerbitkan buku ajar
D. SASARAN PELATIHAN
Sasaran peserta dari pelatihan ini adalah:
a. Guru/ dosen yang masih aktif mengajar
b. Minimal telah atau sedang menempuh
jenjang pendidikan Magister (S2)
c. Pernah membuat karya ilmiah
d. Memiliki ketertarikan untuk menulis bahan
aja
E. KOMPETENSI
Kompetensi yang akan
dimiliki oleh peserta setelah mengikuti pelatihan ini adalah:
a. Menulis buku dengan baik yang bahasanya
mudah dipahami oleh sasaran pembaca,
b. Memahami strategi dan teknik penulisan
buku ajar ,
c. Memahami strategi dan teknik menerbitkan
naskah buku,
d. Mampu membuat naskah buku siap terbit,
e. Mampu membuat desain layout buku,
f. Mampu membuat desain dan anatomi buku,
g. Mampu menerbitkan buku.
F. JANGKA WAKTU
Pelatihan ini
diselenggarakan selama enam hari, mulai dari hari Senin tanggal 6 Januari 2014
hingga hari Minggu tanggal 12 Januari 2014.
G. TEMPAT PELATIHAN
1. Lokasi
Vila Istana Bunga
Jalan kolonel Masturi km.9 Cisarua,
Bandung-Indonesia. +6222-9394-1010; 022-2789557; sales@vilaistanabunga.co.id
2. Denah Lokasi
H. TAHAPAN PELATIHAN
Pelatihan ini
terdiri dari tiga tahapan, yaitu sebagai berikut:
Tahapan
|
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
Kegiatan pendahuluan adalah lebih kepada
perkenalan awal dan pengondisian peserta pelatihan
1.
Pembukaan dan sambutan oleh ketua Yayasan
Pendidikan Dian Ilmi
2.
Sambutan oleh ketua pelaksana
3.
Penyampaian garis besar kegiatan dan
pembagian jadwal
4.
Pembagian kamar
5.
Pengenalan lokasi
6.
Perkenalan profil Yayasan Pendidikan Dian
Ilmi
|
Inti
|
Kegiatan inti terdiri dari penyampaian materi
pelatihan baik oleh narasumber maupun pelatih. Di dalam kegiatan inti juga
termasuk pendalaman, pengayaan, dan praktik. Materi-materi yang diajarkan
adalah:
1.
Potensi penulisan buku sekolah &
perguruan tinggi
2.
Konsep awal menulis buku ajar
3.
Realisasi ide penulisan buku
4.
Ragam dan strategi menulis buku
5.
Pola penulisan buku
6.
Cara menuliskan buku pembelajaran
7.
Desain dan anatomi buku
8.
Komponen kelayakan isi buku
9.
Kegrafikan buku ajar
10. Pengeditan
buku
|
Workshop
|
Tahap workshop adalah di dalamnya terkandung
kegiatan evaluasi dan pengayaan lebih lanjut. Pada kegiatan workshop ini
peserta diajak untuk melakukan simulasi penerbitan naskah buku yang telah
disusun sebelumnya. Materi yang diajarkan pada tahap ini adalah:
1.
Proses dari naskah buku menjadi buku yang
diterbitkan
2.
Tip dan teknik menyiapkan naskah
3.
Penerbitan dan pemasaran buku
Tahap workshop adalah tahap terakhir pada
kegiatan pelatihan ini. Pada tahap ini juga dilaksanakan kegiatan penutupan
pelatihan berupa penyampaian kesan dan pesan dari peserta selama mengikuti
kegiatan pelatihan dan penyampaian ucapan terima kasih oleh panitia. Pada
tahap ini juga peserta dan panitia melakukan ramah-tamah saling bersalaman.
|
I.
STRUKTUR KURIKULUM
No
|
Mata Pelatihan
|
Jumlah JPL
|
Pentahapan
|
||
Pendahuluan
|
Inti
|
Pendalaman
|
|||
1
|
Potensi penulisan buku sekolah &
perguruan tinggi
|
2 jp
|
1 jp
|
1 jp
|
|
2
|
Konsep awal menulis buku ajar
|
3 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
|
3
|
Realisasi ide penulisan buku
|
4 jp
|
2 jp
|
2 jp
|
|
4
|
Ragam dan strategi menulis buku
|
5 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
2 jp
|
5
|
Pola penulisan buku
|
3 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
|
6
|
Cara menuliskan buku pembelajaran
|
6 jp
|
1 jp
|
1 jp
|
4 jp
|
7
|
Desain dan anatomi buku
|
7 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
4 jp
|
8
|
Komponen kelayakan isi buku
|
4 jp
|
2 jp
|
2 jp
|
|
9
|
Kegrafikan buku ajar
|
7 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
4 jp
|
10
|
Pengeditan buku
|
6 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
3 jp
|
11
|
Proses dari naskah buku menjadi buku yang
diterbitkan
|
4 jp
|
1 jp
|
2 jp
|
1 jp
|
12
|
Tip dan teknik menyiapkan naskah
|
4 jp
|
1 jp
|
3 jp
|
|
13
|
Penerbitan dan pemasaran buku
|
5 jp
|
1 jp
|
1 jp
|
3
jp
|
J.
METODE PELATIHAN
Metode yang
digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah:
a. Ceramah. Ceramah diisi oleh narasumber
dan/ atau instruktur
b. Praktik. Praktik dipandu oleh instruktur
dan asisten instruktur.
c. Simulasi. Simulasi dipandu oleh
instruktur dan asisten instruktur. Simulasi ini dilaksanakan dengan tujuan
supaya peserta pelatihan memahami situasi dan kondisi sebanarnya di lapangan
dan siap untuk terjun langsung ke realita dunia perbukuan.
K. PERSYARATAN CALON
PESERTA Masyarakat yang
ingin mengikuti kegiatan pelatihan diwajibkan untuk memenuhi persyaratan
sebagai calon peserta sebagai berikut: a. Beriman kepada Allah SWT dan Tuhan Yang
Maha Esa, b. Sehat jiwa dan raga, c. Ketika mengikuti pelatihan berstatus
sebagai guru/ dosen yang masih aktif mengajar, d. Minimal telah atau sedang menempuh
jenjang pendidikan magister/ S2, e. Pernah membuat karya ilmiah, f. Memiliki ketertarikan besar untuk menulis
buku ajar dan referensi, g. Memiliki fasilitas laptop atau notebook, h. 1 lbr fotokopi KTP, i. Foto 4x6 berwarna 2 lbr, j. Membawa buku rujukan dari panitia, k. Membayar biaya pelatihan
L. PEMBICARA
A. NARASUMBER
1. Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, M.Sc. Ed.
Ia
merupakan salah seorang pendidik, pemikir, praktisi pendidikan yang kini
menjadi aset nasional bangsa ini, karena pemikiran kritisnya dalam menyikapi
kinerja pendidikan nasional. Tilaar dilahirkan pada 16 Juni 1932 di desa yang
relatif terpencil di tepi Danau Tondano, Sulawesi Utara(H.A.R. Tilaar, xxii.
2004). Profesi mengajar sudah dijalaninya sejak tahun 1952 hingga sekarang. Kini
suami Martha Tilaar ini sebagai guru besar Emeritus pada Program Pascasarjana
dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
Sampai
saat ini beliau masih aktif dalam kegiatan-kegiatan kependidikan dan juga aktif
menulis buku yang berkaitan dengan masalah pendidikan.
2. Wijaya Kusumah, M.Pd.
Teacher, Trainer, Writer, Motivator,
Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan
TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen
pendidikan,serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium,
dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah
berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis.
Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI)
online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat
Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya.
Saat ini beliau tinggal di kota Jakarta bersama istri dan
anak-anaknya.
B. PELATIH
1. Adi Kusrianto
Adi Kusrianto adalah
penulis senior yang telah menghasilkan banyak tulisan yang diterbitkan Elex
Media Komputindo, Andi Publishing dan beberapa penerbit berskala nasional lain.
Lahir di Kediri tahun 1952 dan saat ini tinggal di
Surabaya. Pendidikan formalnya ditempuh di Akademi Tekstil Surabaya dan Jurusan
Ekonomi Pembangunan pada Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka. Pendidikan non
formalnya membuahkan 32 buah sertifikat dari berbagai macam ketrampilan dan
pengetahuan.
2. Syamsul Arifin
Lahir di Mojokerto Jawa Timur pada tanggal 7
September 1963. Menamatkan studi SD, SMP, dan SMA di kota Surabaya.
Sejak tahun 1999 aktif sebagai fasilitator program
pekerti (Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional) dan AA (Applied
Approach) bagi dosen-dosen di dalam dan di luar ITS, salah satu materinya
adalah Penulisan Bahan Ajar. Saat ini beliau menjadi ketua P3AI (Pusat
Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional) ITS. Buku yang pernah
ditulis Kontrol Automatik, Logika Fuzzy, Buku Petunjuk Penulisan Bahan Ajar
ITS, dan sebuah buku religius, Haji: Perjalanan dan Hikmah.
3. Rahmat Rosyadi
Drs. H.A. Rahmat Rosyadi, M.H, yang beralamat di
Kompleks Nusa Endah Rt. 05/02, Cimanggu I, Cibungbulang, Kabupaten Bogor (telp
0251-640507/ 08128097843) lahir di Bogor tanggal 20 September 1956.
Beliau pernah tampil sebagai instruktur pada
Workshop Penulisan Buku Ilmiah Populer, Jakarta, 2007, STIE Trisakti Jakarta;
Workshop Penulisan Buku Ilmiah Populer, Jakarta, 2007, FE-UP, Jakarta; dan
Workshop Penulisan Makalah dan Presentasi, Jakarta, 2007, FE-UP dan perum
Perumnas, Jakarta.
Beliau juga sangat aktif menulis jurnal, buku,
serta artikel yang banyak dimuat di berbagai media.
4. Kang Sam
Nama
Lengkap :Sambas Miharja
Nama Alias : KangSam (nick name)
Asli dari
Bandung dan tinggal di daerah Bandung Barat, Jawa Barat. Tepatnya daerah Kp.
Selakopi, Ds/Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat.
Profesi : “Professional Freelancer Graphic Designer dan Fotografer"
Dunia Kerja:
·
Freelancer Graphic Designer &
Illustrator di LIPI Geoteknologi, Bandung, (2000 - Sekarang)
·
Graphic Designer di Nuansa Cerah
Informasi, Bandung (2004)
·
Graphic Designer di SA Communication,
Jakarta (2004 - 2008)
·
Art Director, di Izzy Studio, Bandung
Barat (2009 - sekarang)
·
Graphic Designer (Tim Media Komunikasi) di
Dompet Dhuafa Hong Kong (2009 - sekarang)
·
Tim Redaksi Majalah Iqro - Hong Kong (2009
- sekarang)
M. PEMBIAYAAN
Sumber biaya
pelatihan ini adalah seluruhnya dari biaya yang dibayarkan oleh setiap peserta
sebesar Rp4.800.000.
Jadi, perkiraan total
biaya yang didapat adalah sebanyak 30 peserta dikali Rp4.800.000, yaitu
Rp144.000.000,00.
N. PENYELENGGARA
Pelatihan ini
diselenggarakan oleh:
Nama : Yayasan Pendidikan Dian
Ilmi, Bekasi
Blog/ website : yayasanpendidikandianilmi.blogspot.com
Telepon : (021) 82603502
Sekretariat : Jalan Mahoni Raya No. 20 Mustika Jaya, Bekasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar